Dekranasda  (Dewan  Kerajinan  Nasional  Daerah)  Kota  Bukittinggi dan Pemerintah Kota Bukittinggi akan menghelat event ini mulai 6-8 Oktober 2017 dengan tema  It’s  Minangkabau  Now.

Acara yang digelar untuk kedua kalinya ini dibuat sedikit berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya ada fashion show  saja dan dibuat untuk satu hari, tahun ini dibuat lebih meriah dengan melibatkan pelaku industri  fashion kota Bukittinggi dan sekitarnya dengan menyelenggarakan Festival Bordir yang diadakan di landmark Jam Gadang yang akan menghadirkan ratusan pembordir.

Kemudian dilanjutkan dengan Fashion Fiesta  On  The  Street  yang  berisikan  ribuan  peserta  dari  berbagai  kalangan  yang  akan melakukan parade fashion show dari Lapangan Wira Braja hingga ke Jam Gadang.

Bukittinggi Fashion Look 2017 resmi dibuka pada 7 Oktober 2017 pagi oleh Walikota Bukittinggi,  setelah  itu  akan  ada  Talkshow  dengan  tema  ‘Memunculkan  Spirit  Fashion Entrepreneurship  Baru’  yang  akan  dihadiri  berbagai  kalangan  mulai  dari  pelajar  hingga pemilik UMKM menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, Dr. Sari Lenggogeni, Phd kemudian Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Ketua Dekranasda Bukittinggi, Yesi  Endriani  yang  juga  memiliki  latar  belakang  sebagai  pengusaha  sukses  di  Bukittinggi.

Selain itu juga ada lomba  Basiba  juga  akan  digelar  setelah  itu  dengan  peserta  yang  berasal  dari  kota Bukittinggi  dan  sekitarnya.  Serta  akan  ada  Penganugerahan  untuk  tokoh-tokoh yang menginspirasi di daerah Bukittinggi, sebuah gebrakan pemerintah untuk mengapresiasi masyarakat setelah pagelaran fashion show dari designer kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan Designer Nasional.

“Dalam event ini, kita juga memberikan ruang untuk pemula. Sehingga para pemula atau yang belum dikenal ini lebih semangat dan usahanya pun lebih dikenal secara luas,” kata Hj. Yesi Endriani, Ketua Dekranasda Bukit Tinggi.

Pada  hari  kedua,  8  Oktober  2017  acara  akan  diawali  dengan  Workshop  untuk  Fashion Design  yang  didukung  penuh  oleh  VH  (Fashion  Design  Acamedy),  sebuah  sekolah  fashion design  pertama  dan  satu-satunya  yang  berada  di  kota  Bukittinggi,  peserta  workshop  ini telah  mencapai ratusan orang  hanya  dalam kurun  waktu kurang  dari  satu minggu setelah resmi dibuka pendaftaran yang dilakukan secara gratis. Setelah itu akan ada Muslim Fashion Show Competition, Fashion Show Pengantin Minang dan juga Fashion Show dari sejumlah designer Bukittinggi dan sekitarnya termasuk seorang designer dari kota Makassar.

Hari  terakhir  penyelenggaran  Bukittinggi  Fashion  Look  2017,  akan  ada  pengumuman pemenang beasiswa penuh selama satu tahun untuk menempuh pendidikan fashion design di VH Fashion Design Academy yang akan diberikan kepada tiga orang peraih design terbaik. Pada  akhirnya  penyelenggaran  Bukittinggi  Fashion    Look  2017  diharapkan  akan  mampu menaikan  jumlah  wisatawan  ke  kota  Bukittinggi  serta  meningkatkan  kesadaran masyarakatnya untuk mengejar cita-cita Bukittinggi sebagai Kiblat Fashion Muslim Indonesia di tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here