Desainer yang tergabung  dalam Asean Fashion Designers Showcase (AFDS) menampilkan karya mereka secara bersama pada Jumat, (24/2) di Lobby Lounge Gran Melia Hotel, Jakarta.

Para desainer tersebut  adalah Lenny Agustin (Jakarta-Indonesia), Hannie Hananto (Jakarta-Indonesia  Yuki  Unawan  Tangkaravakoon – YUNA (Thailand), Sirus Tantiyapon – YOD YOKO (Thailand),  dan Nguyen Quoc Binh – AE (Vietnam).

Konsep AFDS digagas pertamakali pada Agustus 2015 oleh Hayden Ng, desainer asal  Singapore. Tujuannya untuk membantu meningkatkan awareness dan apresiasi  terhadap keunikan gaya desain busana yang berbeda-beda di wilayah Asean, serta  mempromosikan pertukaran budaya  dalam kolaborasi kreatif. Membernya saat ini berjumlah 14 orang, yakni Hayden Ng (Singapore),  Allan Chai (Singapore), Doris Lee (Singapore), Lenny Agustin (Indonesia), Hannie Hananto (Indonesia), Orson Liyu (Malaysia), Melvin  Shah (Malaysia),  Yuki  Unawan  Tangkaravakoon  – YUNA  (Thailand),  Sirus Tantiyapong – YOD YOKO (Thailand), Natacha Van  (Cambodia), Nguyen Quoc Binh – AE (Vietnam), Pham Dham Anh Thu  (Vietnam),  Viengkham Nanthavongdouangsy  (Laos), dan Bandid Latsavong – MEN FOLDER (Laos).

AFDS memberi  kesempatan pecinta fashion untuk dapat menyaksikan langsung karya haute couture    dan ready to  wear  terpilih  sekaligus  terbaik  dari haute couture  dan  street  fashion  yang merepresentasikan  Asia,  secara bergiliran  di  kota-kota  besar di ASEAN.

Singapore  menjadi  kota pertama di tanggal 1 April 2016, menyusul selanjutnya di Leo Fashion Week (Laos) pada September 2016, di Malaysia Fashion Week (Kuala Lumpur) pada November 2016, dan kini giliran Jakarta (Indonesia).  Setelah ini Mei 2017 mendatang AFDS akan hadir kembali di Singapore, Juni di Cambodia, September di Laos, Oktober di Kuala Lumpur, serta Thailand di penghujung 2017 yakni Desember.

Dalam peragaan tersebut, setiap desainer menampilkan 6 desain dengan detail dan keunikan yang berbeda. Hanny hananto  menampilkan garis rancangan yang berbeda dari desain-desainnya sebelumnya. Kali ini ia menampilkan desain dengan siluet  A-line yang girly dengan warna salem, krem, dan hitam.

Sedangkan Sirus menampilkan desain rancangan yang bermain dengan  print bermotifkan  floral dan wajah.

Keindahan sulam diperlihatkan pada garis rancangan Doris lee yang juga dipercantik dengan permainan bisban sebagai aksen.

Penampilan lain yang cukup menarik perhatian adalah karya Hayden yang menghadirkan koleksi busana dengan print  bunga sakura serta desain rancangan Lenny Agustin yang bermain dengan bahan batik dan tenun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here