Perkembangan industri kreatif tanah air semakin menggeliat. Sekolah mode pun ikut berperan besar dalam menciptakan sumber daya manusianya.

Islamic Fashion Institute (IFI) sebagai sekolah muslim fashion pertama di Indonesia yang berada di Bandung, ikut berberan dalam mencetak dan melahirkan sumber daya manusia dalam bidang fashion untuk industri kreatif.

Bertempat di Click Square, Naripan, Bandung, pada Selasa (5/11), menggelar graduation batch 2 dengan menampilkan karya 6 orang lulusannya dengan total 48 outfit.

Mereka sudah siap terjun dalam bisnis fashion tanah air ini menghadirkan koleksi yang bertema REVATI yang memiliki arti Kemakmuran.

Para lulusan kali ini mengangkat ide Down To Earth yang menggambarkan bahwa planet bumi ini memiliki banyak sumber alam dan mengandung arti sebuah seruan kepada seluruh penghuninya agar dapat mengolah sumber daya tersebut hingga dapat mencapai kemakmuran.

Mereka yang tampil adalah Ai Sulistiani yang berasal dari Majalengka,  Ike Sulaeman dari Bandung, Naurah Putri Supratman  berasal Bandung, Nisrin Rizkiah Basalamah  dari kota Surabaya, Putri Mardika Ruliastuti  dari Gresik, dan Tahani Efamoris dari Lombok NTB.

 

Ai Sulistiani

Ai menampilkan koleksi yang bertema Plize yang diambil dari bahasa Jerman yang berarti jamur artistik. Koleksi yang ditampilkan bermain dengan model tumpuk asimetris.

Bermain dengan plisket, aplikasi jaring yang dibuat dari bahan yang ditampilkan pada lengan dan bawah rok.  Koleksi terlihat menawan dengan nuansa warna gradasi abu-abu muda ke hitam dalam balutan kain wool dan suede yang memberi kesan tegas.

 

Ike Sulaeman

Terinspirasi dari upacara minum teh di jepang, koleksi ini bertemakan Sado, Chado. Tampil dengan siluet A-line, yang bermain dengan nuansa warna hitam, abu-abu, terakota, dan putih.

Dengan menggunakan material berbahan serat alami yang tidak mengkilat, seperti linen dan katun koleksi yang ditampilkan menghadirkn sosok wanita berkelas.

Outer yang ditampilkan dengan beragam desain turut mencuri perhatian. Beberapa outer tampil dengan potongan asimetris.

Tidak hanya itu, bentuk kerah berdiri pun terlihat diolah dengan cantik oleh Ike.

 

Naurah Putri Supratman

Menghandirkan koleksi bertema Colorado. Yang terinspirasi dari toy education. Toy education melahirkan aneka kesenangan yang salah satunya dihadirkan dalam warna.

Koleksinya menampilkan perpaduan aneka warna dengan siluet A-line. Menghadirkan koleksi dengan gaya casual sporty. Koleksi ditampilkan dengan bahan Scuba, maxmara, jaring, dengan bermain motif polkadot.

 

Nisrin Rizkiah Basalamah

Tampil dengan tema Bunga Dandelion. Bunga ini berasal dari benua Eropa dan Asia, tetapi bunga ini dapat hidup di segala tempat.

Menampilkan gaun pesta yang bermain dengan warna baby pink dan beige, koleksi hadir dengan detail mutiara dan kristal yang disematkan pada beberapa bagian.

Permainan bahan tille dan organza yang dibuat kerut dan bertumpuk menjadikan koleksi yang dihadirkan menambah kesan feminin pada gaun -gaun dengan siluet A-line dan H-line ini.

 

Putri Mardika Ruliastuti

Menampilkan koleksi yang bertema Lendhut yang berarti lumpur. Lumpur yang menjadi idenya adalah lumpur Lapindo.

Menghadirkan koleksi yang bermain dengan perpaduan warna hijau abu-abu, cokelat, dan nuansa  biru.

Warna – warna alam ini dipadukan dengan motif semburan dan retakan yang diolah dengan sistem manipulating fabric berupa pemanasan organdi sehingga memunculkan tekstur retakan,” kata Putri.

Permainan tumpuk, lipit, dan drapery tampil mendominasi kedelapan koleksi yang dihadirkan. Koleksi menghadirkan siluet O-line dan H-line yang mewakili ‘down to earth’.

 

Tahani Efamoris

Mengambil tema Rinjani yang berasal dari gunung Rinjani dan baju khas Sasak ‘Lambung’.

Koleksi yang ditampilkan bermain dengan aneka warna yang menawan. Hadirnya kain tenun NTB pada tiap busana yang ditampilkan terlihat memberi kesan edgy pada koleksinya.

Salah satu yang tampil merupakan seorang siswi yang spesial yaitu Naurah Putri Supratman.

Hadirnya Naura diharapkan dapat menginspirasi para orang tua yang juga memiliki anak berkebutuhan khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here